Selasa, 29 November 2011

TIK : Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Seorang murid kelas XI SMA, sebut saja Yessy, memiliki sebuah komputer untuk mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. Komputernya dilengkapi dengan printer untuk mencetak dokumen ke atas kertas. Adik yessy juga memiliki komputer, tetapi tidak dilengkapi printer. Masalah muncul saat Yessy dan adiknya berebut untuk memakai printer. Adakah solusi yang tepat untuk masalah ini ?
   Kondisi tersebut cukup sederhana pemecahannya, solusinya adalah menghubungkan kedua komputer tersebut untuk berbagi printer dengan menggunakan teknologi jaringan komputer. Teknologi ini memerlukan piranti jaringan yang tersambung kabel serta memanfaatkan fasilitas jaringan (network) yang terdapat pada sistem operasi seperti windows. Hal ini dimungkinkan oleh sebuah bahasa kominikasi universal antarkomputer, yaitu protokol.
   Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar 1.1. Ada tiga buah komputer yang saling terhubung oleh sebuah hub, yaitu komputer A,B, dan C. Komputer A tersambung ke internet memalui modem, sedangkan komputer C difasilitasi dengan printer. Dengan adanya jaringan, komputer B dapat menggunakan fasilitas internet dan printer yang ada di komputer A dan C. Jadi, dapat disimpulkan, jaringan tidak hanya sebagai sarana pembagian sumber (resource) antarkomputer, tetapi juga sebagai pengoptimal layanan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar